Senin, 28 Mei 2012

Website dan Blog, Apa Bedanya?


Admin sendiri sebelum menemukan artikel ini juga masih tidak tahu secara pasti apa itu perbedaan web dan blog, dan ternyata keduanya sangat berbeda. walau dengan domain yang bukan .blogspot.com atau .wordpress.com misalnya .com .net .info, jika ketiganya aplikasi web yang berisi tulisan yang tersusun rapi dan berurutan maka dia akan disebut blog misalnya tempat dimana saya mencuplik tulisan ini yaitu di ingin-tahu.com. Oleh karena itu saya mencoba mencuplik tulisan ini dengan tetap menyebutkan sumbernya karena itu tulisan beliau dan mencoba membaginya kepada teman-teman sekalian. Check this out! :D
Mungkin banyak sekali diantara kita yang masih belum tahu perbedaan blog dengan web, bahkan ada yang menganggap bahwa blog dengan web itu sama. Untuk itu saya akan sedikit memberikan perbedaan dari keduanya.
  • Pengertian Web atau Website

Menurut id.wikipedia.org mengatakan
” Web Site adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.  “
Website atau Situs Web (dalam Bahasa Indonesia) ada 2 macam :
1. Website Statis
Website Statis merupakan jenis website yang isi tulisannya statis atau tulisan website tidak berubah-rubah. Dan dalam mengubah isi konten web tersebut diperlukan keahlian dasar tentang web. Jadi, untuk mengupdate konten web harus dilakukan oleh pemiliknya saja. Lebih mudahnya, pengunjung website jenis ini tidak dapat menentukan informasi apa yang ingin dilihatnya, dan hanya dapat melihat informasi yang telah ditetapkan diwebsite tersebut.
Contoh Web Statis : Website Profil Perusahaan (Hanya menampilkan Info Kontak,Profil,Produk,Galery, yang semua itu sudah fix dan hanya diupdate jika ada perubahan profil perusahaan tersebut)
2. Website Dinamis
Website dinamis kebalikan dari website statis, Website dinamis selalu memiliki program yang bekerja di sisi server karena dalam rentang waktu tertentu konten dari website tersebut berubah. Jadi, salah satu ciri dari website dinamis adalah adanya program yang berjalan disisi server untuk mengatur perubahan data yang ditampilkan oleh website dinamis tersebut.
Contoh Web Statis : Detik.com, Facebook.com
  • Pengertian Blog

Blog yang merupakan kepanjangan dari Web Log, sebenarnya juga termasuk website, lebih tepatnya website dinamis. Namun perbedaan yang mendasar dari keduanya adalah terletak dibagian kontennya. Blog merupakan bentuk aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan atau artikel yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini dimuat dalam urutan terbalik (Isi atau artikel terbaru terletak di posisi atas kemudian diikuti artikel yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dikelola oleh pribadi dan dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Contoh Blog : neoinformation.blogspot.com, ingin-tahu.com

0 komentar:

Posting Komentar